DIKA CANDRA

Kamis, 29 Januari 2015

Honda All New Jazz Modifikasi
MODIFIKASI MOBIL JDM

Rino Adriatama memang sangat menyukai modifikasi bergaya Japanese Domestic Market. Daripada hanya menjadi mimpi saja di kepala, Rino langsung bergerak untuk me-modifikasi Honda All New Jazz nya bergaya JDM.


“Konsep lebih ke Japanese Domestic Market (JDM), karena asik banget kalo ngeliat mobil JDM. Dan juga pengen bikin mobil ini kayak kembarannya hehehe,” buka Rino ketika ditanya pertama kali. Emang sih gaya JDM memiliki tampilan yang sederhana serta lebih ke arah performa.
Honda All New Jazz Modifikasi
Modifikasi pada Honda All New Jazz ini diawali dengan mmasang bemper depan Noblesse PS yang diakui buatan Negeri Matahari Terbit. Beda hal dengan bemper belakang mobil keluaran 2011 ini diganti dengan varian sebelumnya. “Gue lebih demen bemper belakang yang lama daripada yang baru,” sebut Rino.
Honda All New Jazz Modifikasi
Gaya JDM semakin kental dengan disematkan kap mesin dan wing belakang yang berbahan karbon serta lampu belakang J’S Racing. Tidak hanya itu, Rino pun merelakan seluruh bodi mobil yang ber-platform GE8 ini dengan stiker yang berwarna kuning. “Kenapa warna kuning, karena JDM banget,” jawabnya.
Honda All New Jazz Modifikasi
Honda All New Jazz Modifikasi
Beralih ke kaki-kaki, Rino pun harus hati-hati dalam memilih yang tepat. Setelah gonta-ganti velg, akhirnya Rino memilih Enkei RPF1 Type II. Suspensi coilover dari Tein membuat tampilan semakin rebah sekaligus meningkatkan pengendalian. Faktor keamanan ditunjang dengan piringan cakram Hawk berikut kampas rem dari Endless.
Honda All New Jazz Modifikasi
Honda All New Jazz Modifikasi
Melongok ke interior, sejumlah parts pendukung gaya JDM disematkan ke kabin Honda All New Jazz ini. Mulai dari jok Recaro SR2, seatbelt TAKATA, tuas perseneling Mugen, aksen karbon pada lingkar kemudi, spion Spoon Sport, dan masih banyak lagi.
Honda All New Jazz Modifikasi
Honda All New Jazz Modifikasi

Tingkatkan Performa Mesin

Seperti yang ditulis di atas, mobil gaya JDM memang identik dengan performa, yang kebanyakan bagian mesin terkena sentuhan modifikasi. Dalam hal ini, Rino pun tidak mau muluk-muluk, yaitu dengan melakukan porting-polish pada kepala silinder mesin berkode L15A ini serta juga dilakukan papas untuk meningkatkan kompresi.
Honda All New Jazz Modifikasi
Karena lubang port menjadi lebih besar, udara yang masuk harus lebih lega. Resepnya adalah memasang filter udara K&N serta throttle body dibuat lebih besar. Saluran gas buang juga diperbesar dengan pemasangan downpipe dari Kansai, berikut frontpipe dan centerpipe custom, yang berakhir di knalpot J’s Racing.
Honda All New Jazz Modifikasi
Setelah semua modifikasi dilakukan, ECU dimanipulasi ulang dengan cara tuning melalui piggyback Dastek Unichip Type Q+. Hasilnya, tenaga bawaan Honda All New Jazz sekitar 120 HP meningkat menjadi 166 HP dan torsi di angka 180 Nm. “Pernah ikut drag race di Sentul, bisa cetak best time 16,2 detik hehehe,” ucap Rino.
Honda All New Jazz Modifikasi
Tampilan gaya JDM bikin oke, tenaga pun gahar. “Pengennya sih ganti camshaft dan piston supaya tenaga naik lagi. Mau ngincer kelas 15 detik,” tutupnya. Oke deh bos, ditunggu perkembangannya ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar